Tips Bermain Game Clash Of Clans

Seperti yang kita tahu Clash Of Clans (COC) adalah game strategi online Android yang di kembangkan oleh Supercell, game ini sangat populer dikalangan para pengguna smartphone, Inti dari game ini adalah bangun membangun membuat defense dan pasukan yang kuat.
Berikut ini tips bermain game Clash Of Clans untuk pemula.

Baca juga : Tips dan Cara Town Hall 7 Naik Trophy ke Master League

Pertama di awal permainan sobat akan di berikan 500 Gems, ketahuilah Gems sangat berharga yang mana dapat di pergunakan untuk membeli builder(Tukang) untuk membangun dan meng up semua level base sobat, dari 500 Gems 250 Gems akan di pergunakan untuk membeli 1 builder tambahan sehingga sobat akan memiliki 2 dari 5 builder, semakin banyak tukang maka semakin bagus, karna dapat membangun dan meng up level bangunan sehingga perkembangan base sobat akan lebih cepat.

Selanjutnya nama, buatlah nama sesuai keingin dan yang sobat sukai karna nanti hanya dapat di ganti 1x.

Pergunakanlah Gems dengan bijak, jangan pernah menggunakan gems untuk hal tidak penting seperti untuk mempersingkat waktu pembangunan atau untuk pembelian Gold dan Elix.
Selanjutnya menyeleseikan Achievements Sweet Victory yaitu menaikan trophies mencapai 1250, sobat akan di berikan lagi gems tambahan sebanyak 450 gems sehingga dapat dipergunakan untuk membeli builder yang ke 3 harganya 500 gems, untuk mencapai trophy tersebut juga membutuhkan pasukan yang lumayan untuk TH(Town Hall) 6 dan 7 trophies tersebut dapat di capai dengan mudah.
Jangan lupa tebang pohon dan bersihkan sampah di desa kalian ini juga akan menghasilkan gems.

Selanjutnya soal pembangunan dan up lv bangunan base.
Bangunlah semua jenis bangunan yang terbuka di shop mulai dari Defense, Army, Resources.
Jadi apa saja yang harus di dahulukan, berikut adalah tips soal bangunan dan up bangunan versi saya sendiri.
Paling utama adalah
1. Barracks
2. Army Camp
3. Gold Storage
4. Elix Storage
5. Laboratory
6. Spell
7. Gold Mine
8. Elixer Collector
9. Defense
10. Wall
11. Clan Castle (CC)
Kenapa??
- Army Camp dan Barracks ini adalalah Troop/Pasukan untuk menyerang dan merampok Gold dan Elix Desa lawan, untuk membangun dan Up Lv bangunan.
- Gold Storage dan Elix Storage ini tidak kalah penting dari Barrack dan Army Camp karna ini adalah tempat menyimpan Gold dan Elix hasil rampasan.
- Laboratory dengan Laboratory sobat dapat meningkatkan level Troop/Pasukan sobat sehingga akan lebih kuat, sesuai tingkatan Laboratory.
- Spell juga termasuk penting, 1 spell terkadang dapat menyelamatkan pasukan sobat saat pertempuran
- Gold Mine dan Elixer Collector dapat memproduksi Gold dan Elix
- Defense adalah pertahan, jika base sobat tidak memiliki defense maka sudah dapat dipastikan Desa sobat akan jadi sasaran empuk Player lain.
- Wall adalah bentuk defense/pertahanan terakhir, sobat dapat melindungi bangunan beharga seperti Gold, Elix dan bangunan defense lain seperti Cannon, Mortar, Acher tower, Wizzard Tower dengan wall.
- Clan Castle (CC) ini juga tidak kalah penting sebagai bentuk defense dan pasukan tambahan, bergabung dengan Clan, dengan begitu sobat dapat meminta pasukan bantuan sesuai Level CC.

Selanjutnya jika semua bangunan tersebut sudah mencapai level Max, barulah sobat Up Town Hall, kumpulkan Gold dan Elix sampai penuh sambil menunggu proses Upgrade Town Hall, karna nanti akan ada bangunan baru yang terbuka untuk di bangun dan semua level bangunan sebelumnya juga harus di Upgrade.

Tips selanjutnya adalah lakukan Upgrade level troop sobat menggunakan Laboratory, utamakan yang penting, seperti Giant, Acher, Babarian di sertai Troop lain, karna biasanya, Giant Acher dan Babarian sering kita gunakan untuk Loot/merampok desa lain selain karna harganya lebih murah waktu training dari troop tersebut cendrung lebih efesien ketimbang Dragon/Naga.

Tips selanjutnya, soal upgrade bangunan, jika sobat sudah berada di Town Hall 7 ke atas jangan meng up bangunan defense yang sama secara bersamaan, upgrade bangunan sebaiknya di encer seperti acher tower 1, cannon 1, mortar 1, wizz tower 1, Air defense 1, kenapa?? ini adalah pengalaman saya, contoh sobat upgrade semua Air Defense secara bersamaan sementara menyimpan Gold dan Elix melimpah, jika sobat berada di Town Hall 7 ke atas akibatnya fatal, karna akan menjadi sasaran empuk Air Attack, seperti Naga dan Ballon, base tanpa air defend dengan 4 naga cukup untuk membuat porak poranda base sobat.

Tips berikutnya selain melindungi bangunan defense dengan wall, lindungi juga defense dengan bangunan lain seperti barrack, Army Camp, Laboratory, dsb

Tips lainnya jangan menaruh Gold Mine dan Elixer Collector terlalu jauh dari bangunan defense, sobat bisa bayangan jika 1 Gold Mine dan Elixer Collector dapat menghasilkan 2.000/Jam, jika sobat tidak on selama 12 jam saja maka 1 Gold Mine dan Elixer Collector sudah menghasilkan 24.000, jika ada 6 Gold Mine dan Elixer Collector 24.000x6=144.000 lumayan bukan, karna jika Gold Mine dan Elixer Collector tidak di panen maka tidak akan masuk dalam storage, sehingga juga dapat di rampok dengan mudah oleh player lain.

Tips berikutnya, jangan menaruh Gold dan Elix Storage berderetan di tempat yang sama,maksud saya berikan jarak, tapi jangan jauh dari defense, lindungi dengan acher tower,cannon,wizz tower dsb. Kenpa??
Kalau Gold dan Elix Storage digabung dan ditaruh di tempat yang sama semua, jika desa/base sobat kena serang dan di rampok,maka kemungkinan kena rampoknya lebih besar.

Tips mencari loot, pertama tentu harus sobat tentukan, sasaran yang ingin dirampok Gold, Elix, Dark Elix, pertimbangangkan jumlah loot sebelum nurunin troop, kemudian pertimbangkan juga base musuh apakah masih dibawah rata-rata.
Cara gampang mencari loot dan cepat menggunakan Troop Acher, Babarian, Minion
Dengan menggunakan cara ini sobat harus siap kehilangan Trophy, pasalnya kita akan merampok tambang Gold Mine dan Elixer Collector yang ditaruh diluar menggunakan pasukan Acher, Babarian, Minion, eits perhatikan level tambang dan carilah tambang Gold Mine dan Elixer Collector yang belum di panen.
Teknik Merampok Tambang Gold Mine dan Elixer Collector menggunakan Troop Aher, Babarian dan Minion
Troop Acher hipnotis lebih kecil dari Babarian jadi Troop acher lebih gampang koit oleh karna itu Acher digunakan untuk merampok tambang yang di luar jangkaun acher tower, Wizzard tower,Cannon, Mortar jadi tambang yang berjarak 1-2 space saja dari acher tower sudah bisa di rampok dengan aman menggunakan troop acher, karna acher bisa serangan jarak jauh.
Babarian troop ini cocok digunakan untuk merampok tambang yang didalam jangkaun defense, karna Babarian memiliki Hipno yang lebih tinggi ketimbang Acher.
Minion Troop jenis ini cocok digunakan untuk merampok tambang yang di jaga oleh Cannon dan Mortar pasalnya minion Air Att, jadi defense seperi Cannon dan Mortar tidak berpengaruh.

Contoh Ngeloot/ngerampok paling gampang wkwkwk, Storage ditruh diluar tanpa defense

Tips Beikutnya jika base sobat sedang menyimpan Gold dan Elix melimpah, taruhlah Town Hall di sudut luar tanpa defense, hal ini dilakukan dengan maksud supaya yang datang hanya sekedar menghancurkan Town Hall, tidak mencuri Gold dan Elix dan base sobat akan mendapatkan Shield selama 12 Jam  tapi tidak menutup kemungkinan tidak akan dirampok, orang yang niatnya ngerampok tetap aja akan ngerampok nggak akan peduli Town Hall di luar atau tidak.

Jika sobat sudah bergabung di Clan, biasanya akan ada war, adalah pertempuran antara Clan umumnya pertempuran dalam war adalah 15vs15 atau 20vs20, dalam war akan ada yang namanya hari persiapan dan hari pertempuran, sehingga sebelum hari pertempuran sobat dapat mempersiapkan Elix dan Troop. Jika sobat ikut war, ikuti Rule/peraturan dan arahan dari Leader atau Co Leader yang memimpin berjalannya war.
Dalam war usahakan menghancurkan semua bangunan base musuh 100% atau Bintang 3(B3), target utamanya adalah Town Hall, kenapa?? walaupun sobat menghacurkan base musuh mencapai 98% tetapi town hall tidak hancur maka itu hanya Bintang 1 sehingga akan kehilangan 2 skor, tapi jika sobat berhasil menghancurkan Town Hall dan membuat kerusakan di atas 50% saja, maka akan mendapat skor bintang 2 oleh karna itu bawalah Troop se maxsimal mungkin.
Satu lagi, susunlah formasi base war sobat dan jangan pernah menaruh Town Hall di luar untuk war base itu fatal sekali, justru town hall harus dilindungi di taruh ditengah dan lindungi dengan semua defense.
Itulah beberapa Tips Bermain Game Clash Of Clans 

Bonus !!!
Base War TH 7 versi saya sendiri

Maho Base

Ditulis Oleh : Robby Armansyah

DMCA.com Protection StatusAnda baru saja membaca artikel dengan judul Tips Bermain Game Clash Of Clans. Di tulis oleh Robby Armansyah. Hak cipta di lindungi DMCA dan UUD
URL laman ini.

2 komentar