Cara Membuat Kabel USB OTG Sendiri

USB OTG adalah singkatan dalam bahasa inggris yaitu On-The-Go(OTG)
Menurut Wikipedia USB OTG memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru .
Update 20 Mei 2019
Singkatnya, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet anda bisa melakukan kegiatan layaknya USB pada laptop atau PC Desktop yang dapat di colokin flashdisk.
Jadi secara lebih singkat dengan USB OTG sebuah ponsel pintar android dapat membaca data dari sebuah flashdisk atau ponsel androidnya dapat di colokin flashdisk layaknya PC tentu dengan bantuan kabel USB OTG.

Ini saya nemu sebuah gambar tentang Jalur USB OTG di Google.com dan saya coba praktekan dan sukses.
Yuk lanjut ke topik utama sesuai judul yaitu Cara Membuat Kabel USB OTG Sendiri untuk smartphone android bermodalkan charger bekas.

Untuk membuat kabel USB OTG maka bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut
1. Niat
2. Do'a
3. Segelas minuman segar kalo haus, upps lupa kalo lagi bulan puasa :D
4. Kabel USB dan Charger USB bekas tidak terpakai yang bisa di copot-copot antara kabel USB sama kepala chargernya dan kabel USB tersebut support untuk transfer data biasanya kabelnya ada 4 di dalam, kalo kabelnya 2 bisa nanti ditambahin aja sendiri kabelnya 2 lagi kebetulan kalo yang ini saya punya banyak dirumah.
5. USB Betina, maksud saya USB betina adalah itu loch USB yang ada lubangnya biasanya kalo dikomputer digunakan buat nyolokin flashdisk, mouse dan keyboard USB jenis ini biasanya terdapat di kepala charger yang bisa di lepas tadi kebel USBnya atau pada PC gunain yang bekas aja atau cari ke toko elektronik kalo ada.
6. USB Lakinya, adalah USB yang biasanya kalian colokin ke HP kalian kalo ngecharger atau apalah itu namanya -__- ya terdapat pada kabel charger yang pass dan support buat HP masing-masing, karna beda HP juga beda USB lakinya nanti biar bisa dicolokin ke HPnya atau cari ke toko elektronik kalo ada.
7. Solder sama timahnya buat nyolder biar kuat dan aman nantinya biar kabelnya nggak beradu juga nanti.
8. Beberapa bahan tambahan lain kalo dibutuhin, seperti korek api, piso, gunting dsb

Kalo semua bahan sudah beres, waktunya untuk membuat Kabel USB OTG rakitan sendiri (Awass bisa meleduk HPmu)

Lanjut sekarang perhatikan dan pahami gambar jalur USB OTG dibawah ini


Dari gambar di atas Mode Jalur khusus untuk USB OTG, kita perlu 4 kabel sambungan, perhatikan kabel hitam baik-baik. Terlihat jelas kabel hitam di bagi dua.
USB Laki 5 kabel sementata USB betina 4 kabel, sehingga disini konsepnya, kabel hitam dari USB betina di bagi menjadi 2 bagian ke USB laki, tepat seperti pada gambar atas.

4 kabel, yaitu kabel merah, biru, hijau, hitam dan untuk kabel hitam yang nantinya akan di bagi lagi menjadi 2 ke USB lakinya seperti pada gambar di atas (warna kabel tidak berpengaruh ini hanya untuk membedakan)
Okeh saya anggap paham dan mengerti maksud saya, maaf kalo penjelasannya bikin bingung-bingung, karna saya juga bingung jelasinnya gimana, yang jelas jalurnya seperti gambar di atas.

Lanjut ke langkah kerja
Ambil USB Betina dikepala charger tadi, silahkan bongkar kepala chargernya.

Terserah mau pakai cara apa buat ngebongkarnya hasil dari saya kira-kira menjadi seperti ini, tersisah USB Betina yang ada lubangnya, ini nanti akan berfungsi sebagai tempat nyolokin flashdisk

Perhatikan pada gambar di atas disitu ada 4 jalur untuk kabel ini akan kita solder nantinya

Sambungkan ke 4 kabel pada USB betina sesuai urutan jalur gambar di atas dengan solder, disini saya tidak punya kabel biru jadi saya mengganti kabel biru dengan kabel putih, sehingga hasil punya saya seperti ini setelah di sambung dengan solder sesuai urutan.


Lanjut potong kabel USB lakinya dan bongkar ujung USB lakinya (disini kebetulan USB laki punya saya bisa dibongkar tutup ujungnya kalo punya kalian tidak bisa dibongkar tutup, bongkar abis aja seperti USB betina di atas), perhatikan disitu terdapat 5 jalur, cara kerja sambungkan semua kabel dari usb betina tadi dengan solder sesuai urutan gambar di atas dan ingat kabel hitam dari USB betina di bagi menjadi 2 kabel coba lihat lagi gmbar di atas.

Note: Kalau USB lakinya support buat transfer data ke PC, biasanya sudah terdapat 4 kabel yang di solder, ini akan lebih memudahkan pekerjaan kita, sobat tidak perlu membongkar dan mensolder ulang semua kabel pada USB lakinya (disitu pada USB laki sudah terdapat 4 jalur kabel yang sudah di solder dan hanya tinggal 1 jalur kosong tanpa kabel tidak digunakan tadi, karna total untuk USB OTG adalah 5 jalur dengan jalur kosong tidak digunakan tadi, seperti pada konsep gambar), caranya kabel hitam yang menuju USB Laki tinggal dibagi menjadi 2 saja yang 1 lagi menuju jalur kosong tadi.

Sehingga menjadi seperti gambar di atas setelah kabel hitam saya bagi menjadi 2 dan disambungkan untuk jalur kosong tadi.
Ingat kalo kalo punya kalian tidak bisa dibongkar tutup USB lakinya, bongkar abis aja seperti USB betina, tapi kalau bisa usahakan tidak memutuskan soldernya, agar lebih memudahkan pekerjaan kita, atau jika sudah terlanjur diputus nanti ke lima kabel tersebut di solder ulang sesuai urutannya dan ingat kabel hitam dari USB betina dibagi menjadi 2 jalur, persis seperti gambar jalur OTG di atas.

Dan selesei sudah kabel USB OTG rakitan saya sendiri

Hasil testi dari saya pada Asus Zen 5 lancar jaya, kebetulan Asus Zenfone 5 memang sudah support USB OTG dari sananya, jadi sudah tidak perlu di root ataupun pakai aplikasi tambahan, tinggal colokin aja USB OTG sama flashdisknya, pada umumnya Android sekarang sudah support OTG semua, hanya untuk beberapa Android versi terdahulu yang masih belum support OTG dan harus di akali dengan cara Rooting pada perangkat Android tersebut


*Gambar jalur OTG Tambahan dari Google.com


Jawaban Untuk Pertanyaan Kamu
Silahkan baca Q&A di bawah ini jika menemui kesulitan

Q. Tidak punya solder, kabelnya boleh di pelintir aja?
A. Untuk OTG darurat, tidak ada solder sebenarnya tidak masalah, kabelnya boleh dililitin aja dengan syarat antara kabel tidak bersentuhan tentu saja ini agak ribet mengingat jarak antara jalur-jalur tersebut cukup dekat, tentu lebih bagus, aman dan rapi dengan solder.

Q. Gimana kalo kabelnya bersentuhan?
A. Biasanya tidak akan merusak android, paling cuman ngehang atau rerstart atau mati sendiri androidnya. Sebut saja USB Otg nya berubah fungsi jadi USB Killer xixi

Q. Punya saya usb lakinya cuma ada 4 tapaknya, bukan 5, tidak ada jalur kosong
A. Itu USB Lakinya model terlalu lama, silahkan ganti dengan yang memiliki 5 tapak/5jalur

Q. Kalau kabelnya hitam tidak di bagi 2 gimana?
A. Tidak jadi OTG, hanya akan menjadi usb charger biasa, kabel hitam yang di bagi dua itu ibarat switchnya

Q. Apakah support Mouse, Keyboard dan perangkat lainnya
A. Tergantung versi android ya sob, pada asus zenfone 5 yang saya gunakan, masih Android 5.0 Lolipop tidak support mouse dan keyboard, namun beda halnya pada Xiaomi Redmi Note 5 saya yang sudah Android 9 Pie, sangat support mouse layaknya pada PC, layarnya akan ada kursor mouse, namun tidak sepenuhnya dapat digunakan jika untuk bermain game, hanya beberapa game dan aplikasi tergantung gamenya, kalau di pakai untuk Free Fire atau PUBG tidak akan bisa, mungkin harus pakai key mapping dulu. Kalaupun bisa itu namanya curang xixi

Ini Screenshotnya jika kamu masih bertanya-tanya dan penasaran

Ditulis Oleh : Robby Armansyah

DMCA.com Protection StatusAnda baru saja membaca artikel dengan judul Cara Membuat Kabel USB OTG Sendiri. Di tulis oleh Robby Armansyah. Hak cipta di lindungi DMCA dan UUD
URL laman ini.

53 komentar

avatar
×

Mas, sy masih binggung dengan rangkaiannya. Apa ia, HP bisa meledak/rusak/terbakar kalau salah?

avatar
×

Mas, sy masih binggung dengan rangkaiannya. Apa ia, HP bisa meledak/rusak/terbakar kalau salah?

avatar
×

perhatikan gmbar jalur no.2 di atas, sbnarnya itu simpel, jika kabel charger yg digunakan sudah 4 biasanya sudah support buat charger sma transfer data ke pc, jadi mas tinggal membagi kabel hitam menjadi 2 yang satu tetap. yang 1 lg untuk jalur ksong yg d bwah ke usb lakinya

soal hp meledak it hanya brcanda, kecil kmungkinan, kalau kabelnya konsleting/beradu, plingan hp cuman tegang/ngehang tinggal rerstart hpnya, tp usahakan jngan smpai beradu.

avatar
×

ntu klo ngk pake solder bisa ngk soalnya saya ngk punya solder

avatar
×

klo ngk pke timah langsung di glintir kabelnya bisa ngk Soalnya ngk punya solder ....

avatar
×

=)D nyimak aj sob

avatar
×

sya bantu jawab... kyakx bisa ajah bro .. yg jelas kabelnya tidak saling sentuhan dan kuat

avatar
×

bisa bsa, tp agak ribet ngelilitin kabelnya ntar, ingat jngan bersentuhan.

avatar
×

boleh asal gk beradu aja kbelnya.

avatar
×

ok tq sudah d bntu jwab mas.

avatar
×

kalau kabel hitam nya nggk di bagi ngefek nggk gan

avatar
×

ya nggk jadi otg ntr gan.

avatar
×

Kalau otg+cas bs gak gan? Gmn caranya

avatar
×

Mas kalau usb lakinya cuma ada 4 buat kabelnya gimana

avatar
×

Ribet mendingan bli hnya 20rb

avatar
×

Kalo kabelnya yg isinya cuma 2 kaek mna nambah nya

avatar
×

Gan, klw samsung galaxy tab 3v support otg ga?

avatar
×

Min kalo misalnya dengan 2 usb laki kan kan buat hp transfer hp, atau flashdisk ke hp, bisa gk tuh jadi kalau mau transfer masing masing tinggal colok aja tuh ke rangkaian 2 usb laki ?

avatar
×

Min kalo misalnya dengan 2 usb laki kan kan buat hp transfer hp, atau flashdisk ke hp, bisa gk tuh jadi kalau mau transfer masing masing tinggal colok aja tuh ke rangkaian 2 usb laki ?

avatar
×

min, thanks infonya...sekalian buatin tutor buat memperbaiki solder dong....klo di colokin nggak panas- panas soldernya?

avatar
×

Kl buat kabel usb buat ngecharge (cowok ma cowok) jalurnya sama aja apa beda?

avatar
×

Thanks aku berhasil he

avatar
×

Tinggal beli harga 5 ribu gak ribet hehe

avatar
×

mas, apa bedanya kalau
disambung dan tidak di sambung pin 4 ke 5 yang usb cowok. dan kalau diusb cowok bawaan cuma ada 4 kaki yg bisa di solder kan mas? bukan 5? mohon bantuannya mas.. makasih..

avatar
×

ane punya solder, tp nda punya kabelnya bisa nda yaa bikin otg?

avatar
×

4 dan 5 itu sebagai switch otg nya, jadi klo mereka gak bersentuhan, makaa rangkaiannya jadi rangkaian usb biasa bukan otg, nah klo 4&5 terhubung bru rangkaiannya bs berfungsi sebagai otg. kaki yg di solder memang ada yg 4 dan 5, yg 4 itu keluaran sblm otg, klo baru2 ini udh pasti 5 kakinya

avatar
×

Makasih totur nya... Membantu sekali... Tapi maunanya... Apakah usb otg bisa dipasangi mouse,keyboard, dll?

avatar
×

Mau nanya... Klo usb lakinya ada 4 saja yang nampak gimana cara bukanya?

avatar
×

Thanks banget pokonya gua mau coba nih dan penjelasan agan jelas banget.

avatar
×

Thanks banget pokonya gua mau coba nih dan penjelasan agan jelas banget.

avatar
×

mas gimana cara nyambung kabel yang warna hitamnya jadi satu mas

avatar
×

Low bugets.., Tapi kreatif hehe..,

avatar
×

mas,apabila kaki USB betina putus/patah,cara hubungin nya gimana?
"Tolong beri solusinya !"

avatar
×

mas,apabila kaki USB betina putus/patah,cara hubungin nya gimana?
"Tolong beri solusinya !"

avatar
×

gan minta gmbar yg ssunan kabel antara flashdisk , bingung bisa kebalik ntar kbel Mrh,Pth,Hju,Htm ,

avatar
×

Makasih Tutor nya Sob...
Bermanfaat sekali^_^

avatar
×

Mas katanya kan hpnya juga haruss support,, kalo s4a+ kitkat kira-kira udah support nggak

avatar
×

Mas saya ko ngga bisa sihh ngga bisa konek padahal grond.y udah d satuin sama sebelahnya

avatar
×

sya punya sandisk bgai mana cara nya agar trhubung ke hp lewat kabel rakitan

avatar
×

Berhasil gan, terimakasih atas ilmunya.
Jadi bisa lihat foto foto musik dan video yang di flasdisk.
Makasih makasih makasih

avatar
×

ganti elemen aja om

avatar
×

Mas mw nanya klo ngrakit usb betina ke input amplifier agar bisa terhubung dg bluetooth dongle gmn caranya mas?dtunggu jwbannya mkasi mas...

avatar
×

Gambarnya ga kelihatan om.., btw untuk perbaiki otg yang rusak gimna? saya punya merk sandisk rusak ga bisa pakai.