Cara Transfer Data Laptop ke Android dan Sebaliknya Tanpa Kabel USB


Kita mungkin pernah berpikir bagaimana cara mentransfer data dari Laptop ke Android tanpa melalui kabel USB maupun Card Reader, karna itu cukup merepotkan, kadangpun port USB pada laptop dapat rusak dan lapang karna terlalu sering digunakan, pasang copot pasang lagi copot lagi.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut Cara Gampang Transfer Data Laptop ke Android dan Sebaliknya Tanpa Kabel USB maupun Card Reader.

Syarat untuk melakukan Transfer Data dari Laptop ataupun PC ke Android ataupun Sebaliknya tanpa kabel USB
1. Laptop/PC harus memiliki fitur Wifi
2. Pada Android harus terdapat fiturTethring, untuk mengetahuinya buka pengaturan Android pilih More disitu biasanya terdapat menu tethring dan kalau di aktifkan Android sobat akan berfungsi sebagai Wi-Fi hotspot.
3. Instal Aplikasi ES File Explorer pada android sobat
4. Aktifkan fitur Tethring pada Android sobat, silahkan di isi nama Host Wifi dan Password Wifi
5. Selanjutnya pengaturan pada network sharing Laptop sobat silahkan turn on file and printer sharing, caranya Klik kanan pada Network-Properties-Change sharing option pada bagian file and printer sharing pilih turn on.
6. Aktifkan Wifi Laptop sobat dan Connect ke Wi-Fi hotspot android tadi, isi security key dengan password pada pegaturan Tethring android yang sudah kita setting tadi.
7. Buka aplikasi  ES File Explorer  pada Android sobat, lalu pilih Network dan pilih Scan, tunggu hingga proses selesei, lihat pada bagian search result  akan terdapat explorer folder laptop yang sobat sharing tadi, klik network tersebut, maka akan muncul dialog username dan password untuk connect.
Isi dengan user dan password Administrator laptop sobat, jika tidak di password contreng Anonymous.
Selesei sekarang file folder yang di sharing pada laptop sobat sudah dapat di akses dengan leluasa.
Untuk menambah folder tertentu yang ingin di sharing, caranya tinggal klik kanan pada bagian folder yang ingin di sharing, Properties-sharing-share-Everyone dan share, pastikan semua permisionnya di contreng.
Demikianlah Cara Gampang Transfer Data Laptop ke Android dan Sebaliknya Tanpa Kabel USB. Cara ini tidak memerlukan koneksi internet.

Alternatif
Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi AirDroid cara ini membutuhkan koneksi internet dan Wifi.
Cara lainnya juga dapat dilakukan dengan Team Viewer, dengan cara menginstal aplikasi Team viewer pada PC dan Android cara ini juga membutuhkan koneksi internet.

Ditulis Oleh : Robby Armansyah

DMCA.com Protection StatusAnda baru saja membaca artikel dengan judul Cara Transfer Data Laptop ke Android dan Sebaliknya Tanpa Kabel USB. Di tulis oleh Robby Armansyah. Hak cipta di lindungi DMCA dan UUD
URL laman ini.